Kolesterol memang bukan hal yang asing lagi. Penyakit ini cukup banyak diderita oleh orang disekitarmu. Akan tetapi, tidak semua orang mengerti apa itu kolesterol dan penyebab kolesterol tinggi. Apa itu kolesterol tinggi? Menurut alodokter.com kolesterol tinggi adalah kondisi di mana tingkat kolesterol dalam daran melampaui kadar normal sehingga dapat berpengaruh buruk bagi kesehatan. Sebagian besar dari kolesterol diproduksi di organ hati dan sebagian lain didapatkan dari makanan. Kolesterol dibutuhkan untuk memproduksi sel sehat, vitamin D dan sejumlah hormon lainnya.

Banyak faktor yang menjadi penyebab kolesterol tinggi, salah satunya dan yang paling berpengaruh adalah gaya hidup. Beberapa gaya hidup yang tidak sehat dan dapat memicu kolesterol tinggi seperti:

  1. Kurang olahraga

Kebiasaan kurang olahraga atau beraktivitas juga akan meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam darah kamu. Kurang gerak dan olahraga akan menyebabkan lemak menumpuk dan terus mengendap dalam pembuluh darah dan tidak terbakar memalui aktivitas fisik seperti olahraga. Dengan berolah raga kamu akan membakar lemak dalam tubuh.

  1. Makanan yang tidak sehat

Mengonsumsi makanan yang tidak sehat seperti makanan dengan kadar lemak jenuh yang tinggi. Lemak jenuh mudah ditemukan pada makanan seperti daging sapi, daging domba, mentega, krim dan keju. Makanan yang terbuat dari tumbuhan dan memiliki kandungan kolesterol tinggi adalah kepala dan minyak kelapa.

  1. Kebiasaan merokok dan minuman alkohol

Terdapat zat kimia yang disebut akrolein dalam rokok yang dapat menghentikan aktivitas HDL atau kolesterol baik untuk mengangukt timbunan lemak dari tubuh. Akibatnya adalah terjadinya penyempitan arteri atau aterosklerosis. Terlalu mengonsumsi minuman berakohol juga dapat menjadi penyebab kolesterol tinggi karena alkohol dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat dan trigliserida dalam darah.

  1. Memiliki penyakit tertentu

Jika kamu memiliki penyakit tertentu seperti hipertensi atau tekanan darah tinggi, kelenjar tiroid yang kurang aktif, sakit liver dan ginjal serta diabetes dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat. Dengan mengobati kondisi tersebut dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Obat-obat tertentu juga bisa menyebabkan kenaikan kolesterol jahat dan menurunkan kolesterol baik. Beberapa jenis obat-obatan ini meliputi progestin, kortikosteroid dan steroid anabolik.

  1. Usia

Menurut hellosehat.com salah satu faktor risiko penyebab kolesterol tinggi adalah usia. Semakin bertambahnya usia, maka semakin besar kemungkinan untuk mengalami kolesterol tinggi. Hal ini biasanya dipengaruhi oleh perubahan fungsi dan metabolosme tubuh yang semakin menurun.

  1. Riwayat kesehatan keluarga

Mutasi gen yang diwariskan dari orang tua dapat mengontrol setiap sel di tubuh kita agar tidak cepat menghilangkan kolesterol LDL atau bisa menyebabkan hati dan menghasilkan terlalu banyak LDL. Tingkat keparahan dari kondisi ini bianyasa dipengaruhi seberapa banyak kadar kolesterol LDL di dalam darah.

Lalu bagaimana dengan cara mengatasi? Cara mengatasinya adalah dengan cara menghindari penyebab kolesterol tinggi. Kamu dapat menjaga gaya hidup sehat untuk mengatasi penyakit kolesterol. Kamu dapat mengurangi makanan dengan lemak jenuh dan lemak trans yang terlalu banyak. Kamu dapat memperbanyak mengonsumsi sayur, buah serta makanan rendah lemak lainnya. Selain itu, kamu dapat mengatasi dengan berhenti untuk merokok dan mengonsumsi alkohol. Dengan begitu kamu dapat mengatasi penyakit kolesterol tinggimu. Penyakit yang timbul dari keturunan atau riwayat keluarga, memang tidak ada obatnya, namun kamu dapat mengatasinya dengan pola hidup sehat agar tidak memicu timbulnya kolesterol tinggi. Sering berolah raga juga akan membuat hidupmu lebih sehat dan dengan olahraga kamu dapat membakar lemak hingga kolesterol dalam darah tetap terjaga.

Itulah hal yang dapat kamu ketahui tentang penyebab kolesterol tinggi dan cara mengatasinya.