Saat ini, memiliki mobil pribadi harga semisal harga sirion tampaknya menjadi kebutuhan bagi kebanyakan orang Indonesia, mobil memang dapat membantu mendukung mobilitas kegiatan sehari-hari Anda. Bepergian dengan mobil pribadi tentu dapat membuat perjalanan Anda lebih cepat, lebih aman dan lebih nyaman. Itulah alasan bagi kebanyakan orang yang ingin memiliki mobil pribadi.

Namun, sayangnya tidak semua orang mampu membeli mobil baru, harga mobil baru yang masih relatif mahal terkadang menjadi faktor yang membuat mereka tidak mampu membelinya. Jadi bagi sebagian dari mereka mempertimbangkan membeli mobil dengan kondisi bekas menjadi solusi yang tepat untuk memiliki mobil pribadi. Membeli mobil bekas tentu tidak semudah membeli mobil baru, itu membutuhkan kehati-hatian ketika Anda ingin membeli mobil bekas. , itu membutuhkan akurasi untuk Anda ketika memilih mobil bekas. Nah, apa yang perlu Anda perhatikan ketika ingin membeli mobil bekas? Berikut ini beberapa tips dari kami yang dapat membantu Anda dalam memilih mobil bekas impian:

  1. Sesuaikan antara kebutuhan dan keinginan

Hal pertama yang harus Anda perhatikan jika ingin membeli mobil bekas, tentu saja, adalah menyesuaikan antara kebutuhan dan keinginan. Jangan sampai ketika Anda membeli mobil berdasarkan apa yang Anda inginkan, tetapi tidak sesuai dengan yang Anda butuhkan. Misalnya Anda benar-benar membutuhkan mobil keluarga yang memiliki kapasitas penumpang banyak, tetapi Anda benar-benar membeli citycar yang memiliki kapasitas penumpang sedikit, tentu saja itu akan sia-sia karena tidak sesuai dengan yang kita butuhkan.

  1. Sesuaikan anggaran yang ada

Hal kedua yang harus Anda perhatikan adalah menyesuaikan anggaran yang Anda miliki saat ini, jangan sampai Anda berani membeli mobil yang jauh di luar anggaran Anda. Selain itu, jika Anda membeli mobil bekas, Anda juga diharuskan menyiapkan lebih banyak anggaran untuk perbaikan atau perawatan. Ya, walaupun kita membeli mobil bekas dalam kondisi baik, bukan berarti kita tidak perlu perawatan lagi.

  1. Periksa kelengkapan surat-surat itu

Jangan lupa untuk memeriksa kelengkapan surat-surat dari mobil, dan sesuaikan nomor bingkai dan mesin dalam registrasi kendaraan dengan tongkat di mobil. Jangan sampai Anda membeli mobil tanpa kertas yang nantinya bisa membahayakan Anda.

  1. Periksa beberapa komponen penting dalam mesin

Periksa beberapa komponen penting dalam mesin seperti timing belt, fan belt, busi, dan pastikan tidak ada kebocoran di ruang mesin dalam bentuk oli atau air, ini untuk mengurangi biaya perawatan Anda setelah membeli mobil. Coba periksa ruang mesin di siang hari atau dengan pencahayaan yang cukup.

  1. Periksa suhu pengoperasian mesin

Pastikan juga suhu kerja mesin pada suhu normal dan tidak terlalu panas, kondisi suhu mesin mobil yang terlalu panas dapat menyebabkan kerusakan parah pada blok mesin. Tentu saja Anda tidak mau, setelah membeli mobil, mobil Anda bahkan akan ‘dirawat di rumah sakit’ di bengkel untuk waktu yang cukup lama.

  1. Pastikan mobil itu tidak disengaja

Untuk mengetahui apakah mobil bekas jatuh atau tidak, lakukan pengecekan dengan spooring. Dengan spooring Anda dapat mengetahui tentang camber, caster, dan ujung kaki mobil apakah itu pada sudut normal mobil atau tidak. Jika sudut camber, caster, dan toe sudah jauh dari batas toleransi maka ini dapat menyebabkan kontrol mobil Anda menjadi tidak sempurna, karena setir akan menarik ke kiri atau ke kanan dengan sendirinya ketika mobil berjalan lurus.